Tips

Perbedaan Film Horror Barat Dan Asia

Banyak sekali genre film yang bisa kalian nikmati untuk ditonton, dari sekian banyak pilihan genre salah satunya yaitu horror. Genre film yang satu ini memang membuat siapa pun yang melihatnya merasa takut dan tentu saja dapat memicu adrenalin siapa pun yang melihatnya. Sehingga bagi kalian yang ingin menonton film yang memacu adrenalin selain film action maka jenis genre ini bisa kalian coba.

Beberapa Perbedaan Film Barat Dan Asia

Masing-masing negara biasanya memiliki film horror dengan ciri khas tersendiri jika kalian mau memperhatikannya. Bagi masyarakat Indonesia tentunya tidak asing dengan film horror terutama dalam hal ini yaitu film barat dan juga film-film horror Asia. Kedua film tersebut sepertinya mendominasi dan menarik untuk dilihat. Jika kalian perhatikan ada beberapa perbedaan antara film barat dan juga film horror Asia yang bisa kalian pahami. Beberapa perbedaan diantara keduanya dilihat dari beberapa hal yaitu sebagai berikut.

  • Fokus Film

Hal pertama yang menjadi perbedaan yaitu masalah kefokusan. Bila kalian perhatikan kebanyakan dari film Asia lebih terfokus kepada bagaimana membuat hantu seseram mungkin. Jika kalian mau perhatikan kebanyakan hantu di film Asia sering muncul dan dengan tampilan yang menyeramkan sehingga untuk alur ceritanya terkesan kurang fokus. Bahkan untuk alur ceritanya terkesan itu-itu saja, kendati demikian film ini masih menarik untuk kalian lihat.

Hal berbeda akan kalian rasakan ketika menonton film barat lebih terfokus kepada alur ceritanya. Maka dari itu ketika kalian menonton film barat akan sangat jarang menemukan penampakan  hantu yang tiba-tiba muncul dengan tampilannya yang seram. Kalian akan lebih terfokus pada alur ceritanya yang dibuat seperti mind blowing sehingga kalian lebih terbawa pada suasana dalam film tersebut. Sehingga kalian sudah bisa merasa seram dari suasananya saja.

  • Kemunculan Hantunya

Kemudian perbedaan yang lainnya yaitu waktu kemunculan dari hantu tersebut. Jika kalian perhatikan hantu dari film Asia biasanya memiliki adegan seram yang mana berbeda dari film barat selain itu lokasi dari kemunculan hantunya juga tidak pernah terduga, sehingga kalian sering merasa dikagetkan dengan kemunculan hantu yang tiba-tiba tanpa pernah menunjukkan tanda-tanda sebelumnya. Kemudian untuk kemunculan hantu dari film barat kemunculan hantunya selalu muncul ketika ada peristiwa aneh. Namun yang perlu diingat peristiwa aneh tidak selalu mengindikasikan bahwa hantu tersebut akan muncul melainkan peristiwa tersebut berperan untuk menarik dan menurunkan unsur seram yang terdapat pada film tersebut. Sehingga kalian akan lebih merasa penasaran bagaimana alur dari cerita tersebut.

  • Dandanan Hantunya

Hal lain yang menjadi perbedaan antara film horror Asia dan juga barat yaitu dari dandanan hantunya. Bila kalian perhatikan dandanan dari hantu Asia biasanya ala kadarnya dan terkesan biasa saja tanpa make up khusus. Kalian pasti pernah memperhatikan jika dandanan hantu Asia biasanya berambut panjang dan biasanya menggunakan baju seperti daster putih panjang.

Selain itu untuk dandan wajah cenderung hanya berwarna putih pucat, namun hal tersebut biasanya menjadi ciri khas dari hantu Asia. Hal berbeda akan kalian lihat jika menonton film horror barat yang mana hantunya memiliki make up yang sangat mantap guna mendukung tampilannya. Selain dari make up dandanan dari hantunya juga di dukung oleh visual effect yang mantap guna menambah efek seram dari tampilan hantu tersebut. Kemudian untuk pakaian juga tidak terkesan apa adanya melainkan pakaiannya juga sangat baik dan mendukung dari tema film tersebut.

  • Efeknya

Kemudian hal lain yang membedakan yaitu dari segi efeknya. Kalian pasti merasa jika melihat film horror Asia kalian sering merasa jantungan karena efek suara yang tiba-tiba sangat keras ketika hantu akan muncul. Dimana yang tadinya suara sangat pelan tiba-tiba suara menjadi sangat keras ketika hantu tersebut akan muncul dan tentu saja sangat mengagetkan sampai berasa jantung akan copot. Jadi bagi kalian yang memiliki kondisi jantung lemah harus mempertimbangkan ketika akan menonton film horror tersebut. Kemudian untuk film horror barat untuk efeknya tidak terlalu membuat kaget namun tetap saja membuat penasaran yang melihatnya. Sehingga efeknya tidak terfokus untuk mengagetkan para penonton namun disesuaikan dengan suasana yang ada.

  • Akhir Jalan Cerita

Untuk akhir dari filmnya biasanya untuk film Asia sering menggantung sehingga sering membuat penonton merasa kesal bagaimana akhir dari film tersebut. Bahkan terkadang ending dari film tersebut sudah bisa terbaca. Kemudian untuk film horror barat endingnya sering kali susah untuk ditebak. Sehingga apa yang kalian prediksikan di awal akan akhir ceritanya sering berbeda. Kemudian pada film horror barat sering ada teror yang menghiasi jalan ceritanya dan akan baru ketahuan siapa pembuat teror tersebut pada akhir ceritanya dan biasanya tidak selalu makhluk halus namun juga bisa berwujud manusia yang mungkin saja memiliki dendam tertentu kepada tokoh utamanya.

Lebih Seru Menonton Film Di Bioskop

Jadi itulah beberapa perbedaan antara film horror Asia dengan film horror barat yang bisa kalian ketahui. Sebenarnya perbedaan diantara keduanya memiliki daya tarik masing-masing sehingga bisa disesuaikan dengan keinginan kalian ingin menonton film horror dengan suasana yang seperti apa. Agar lebih bervariasi kalian bisa mencampurnya dengan kadang melihat film horror barat dan terkadang melihat film horror Asia. Agar suasana horror yang kalian rasakan lebih mencekam sebaiknya kalian menonton film tersebut di bioskop. Biasanya dengan menonton di bioskop untuk audio dan visualnya lebih mantap sehingga akan lebih terasa seramnya. Berbeda jika kalian menonton film di rumah pasti akan terasa sedikit berkurang suasana seramnya.

Share